Modul1 : Dasar-dasar C++
1. Sebutkan 3 ciri umum Object-Oriented Programming !
Jawab :
1. Encapsulation (Enkapsulasi)
2. Inheritance
(Pewarisan)
3.Polymorphisme
2. Dasar unit enkapsulasi dalam C++ adalah _________
Jawab :Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang
terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variable tersebut.
variabel dan method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa di tentukan hak aksesnya.
dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa
C.
3. Output dari program berikut setelah diekseskusi adalah :
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{ cout<<
"C++ is power programming.";
return 0;
}
Jawab : C++ is power programming.
4. Apa gunanya ditambahkan include <iostream> ?
Jawab : Sebagai proses pengarahan yang
mengatakan kepada kompiler untuk meletakkan kode dari header file iostream ke dalam
program. fungsi cout memerlukan file iostream
5. Perintah mendeklarasikan variable panjang bertipe integer
adalah _____________
Jawab : int panjang;
6. Perintah menyimpan nilai 10 ke variable panjang adalah
________________
Jawab : panjang = 10;
7. Apakah operator input C++ ?
Jawab :cin
8. Apakaharti ‘\n’ ?
Jawab : Baris baru
9. Mengapa identifier berikut salah :
int bilangan bulat;
Jawab : karena setiap identifier selalu diawali dengan huruf atau dipisahkan dengan garis
10. Apakah Indeks dan indeks adalah identifier yang sama?
Jawab :Tidak sama
Modul2 : Tipe Data dan Operator
1. Apakah perbedaan antara sign dan unsigned untuk integer?
Jawab : Tipe unsigned akan menyebabkan nilai yang ada di dalamnya selalu bernilai positif,
sedangkan tipe sign merupakan default dari tipe -tipe dasar yang menyatakan data
dapat bernilai positif atau negatif.
2. Apakah arti dari void ?
Jawab :Tipe data yang digunakan untuk suatu tipe fungsi yang
tidak mempunyai nilai kembalian
3. By default, 123.45 apakah float atau double ?
Jawab : float
4. Berikan contoh literal (konstan) heksadesimal dan octal !
Jawab :
5. Apa perbedaan antara “W” dan‘W’ ?
Jawab :Perbedaannya yaitu jika kita menggunakan tanda petik tunggal,
makan semua variabel yang memiliki data string dan dalam string tersebut akan di
deklarasikan/dicetak nama variabel itu sendiri.
6. Berilah contoh deklarasi variable
bertipe int sekaligus di beri nilai10 !
Jawab : int Angka = 10;
7. Berikan pernyataan C++ untuk menggantikan operator i++ !
Jawab :
8. Apa perbedaan operator “=” dan operator “==” ?
Jawab : perbedaannya yaitu double equas (= =)
bisa digunakan untuk membandingkan pembeda,
sehingga tombol bisa menjalankan perintah simpan atau ubah tergantung variabel mana yang
hidup atau tombol mana yang di klik. sedangkan singgle equa (=) bisa di
gunakan untuk mendeklarasikan suatu nilai dari sebuah variabel. contohnya int a = 5; maka
a nilainya adalah 5.
9. Tulislah sebuah pernyataan untuk memberi nilai 100 pada
variable x, y dan z!
Jawab :
10. Sebutkan 3 operator logik !
Modul3 :Pernyataan Kontrol Program
1. Tulislah bentuk pernyataan if – else dalam C++
jawab :
if (test-condition)
statement1
else
statement2
2. Apakah pernyataan if berikut diperbolehkan ?
If (nilai) cout<< “Hasil pilihanku = “ <<nilai;
Jawab : Tidak diperbolehkan
3. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10)
if (nilai == 9);
else
cout<< "Nilaiku = " <<nilai;
else
cout<< "Nilaiku = " <<nilai + 1;
jawab : Nilaiku = 11
4. Apakah output dari potongan program berikut :
int nilai = 10;
if (nilai != 10);
else if (nilai == 9);
else
cout<< "Nilaiku = " <<nilai;
jawab :Nilaiku = 10
5. Apakah output dari potongan program berikut :
int bilangan = 1;
switch (bilangan) {
case 1 :cout<< "Bilangan 1" << '\n';
case 2 : cout<< "Bilangan 2" << '\n';
break; default :
cout<< "Bilangan 3" << '\n';
}
Jawab :
Bilangan 1
Bilangan 2
6. Apakah output dari potongan
program berikut :
for (int i=10; i >= 15; i++)
cout<< "i = " << i <<endl;
jawab : Tidak ada output
7. Apakah output dari potongan program berikut :
int panjang = 13;
while (panjang>= 10 &&panjang< 20) {
cout<< "Panjang = " <<panjang<<endl;
panjang --;
}
Jawab :
Panjang = 13
Panjang = 12
Panjang = 11
Panjang = 10
Modul4 : Array, String dan Pointer
1. Buatlah deklarasi variable array
satu dimensi dengan nama Contoh yang bertipe int dengan maksimal data sebanyak 10.
jawab : int i[10]={40,37,38,35,39,36,34,32,31,29};
2. Berilah nilai tiap indeks array Contoh di atas dengan nilai 0
menggunakan salah satu pernyataan perulangan.
Jawab :
int contoh[10]=(10);
for(a<0;a<10;a++)
{
cout<<"kolom"<<[a]<<"="conoth[a]<<endl;
}
return 0;}
int contoh[10]=(10);
for(a<0;a<10;a++)
{
cout<<"kolom"<<[a]<<"="conoth[a]<<endl;
}
return 0;}
3. Dalam C++, indeks array mulaidari _______
Jawab : dimulai dari angka 0,1
4. Perbaikilahkesalahan (error) daripernyataan C++ di
bawahini :
int a[10], b[10];
…
a = b;
yaitu deretan pernyataan untuk menyalin semua isi dari array b ke
array a.
jawab :
int a, b;
int[i]=10;
int[j]=10;
for(a=0,b=0,a<10,b<10,a++,b++)
cout<<"nilai=";cin>>i[b];}
for(d=0,c=0,d<10,c<10,d++,c++){
i[a]=j[b];
cout<<j[b];
int a, b;
int[i]=10;
int[j]=10;
for(a=0,b=0,a<10,b<10,a++,b++)
cout<<"nilai=";cin>>i[b];}
for(d=0,c=0,d<10,c<10,d++,c++){
i[a]=j[b];
cout<<j[b];
5. Tulislah deklarasi array dua dimesi nums berukuran sesuai gambar
di bawah ini !
Jawab : int
nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
6. Dengan menggunakan perulangan for isilah elemen array
nums sesuai dengan gambar di atas !
Jawab :
int x,y;
int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
for(x=0;x<=3;m++){
for(y=0;y<=4;n++){
cout<<" "<<[a][b]<<" ";
}}
int x,y;
int nums[3][4]={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12};
for(x=0;x<=3;m++){
for(y=0;y<=4;n++){
cout<<" "<<[a][b]<<" ";
}}
7. String dapat di pandang sebagai karakter array atau pointer
ke karakter. Tulislah deklarasi array menggunakan 2 istilah tersebut,
untuk menampung maksimal 10 karakter !
Jawab : char
tempat[10];
8. Buatlah deklarasi sekaligus inisialisasi string yang
digunakan untuk menyimpan string
“Universitas”.
Jawab :
int (){
int string[0]='U';
int string[1]='N';
int string[2]='I';
int string[3]='V';
int string[4]='E';
int string[5]='R';
int string[6]='S';
int string[7]='I';
int string[8]='T';
int string[9]='A';
int string[10]='S';
int (){
int string[0]='U';
int string[1]='N';
int string[2]='I';
int string[3]='V';
int string[4]='E';
int string[5]='R';
int string[6]='S';
int string[7]='I';
int string[8]='T';
int string[9]='A';
int string[10]='S';
9. String S berisi “ilmu”. Apa output dari :
cout<< S[4];
jawab : Tidak
ada tampilan output, karena ilmu hanya memiliki (0,1,2,3) indeks.
10. Diberikan potongan program C++ berikut :
charstr[40];
cout<< “Masukkan string : “;
cin>>str;
cout<<str;
Dari keyboard, user memasukkan :
Masukkan string :Akusenang.
Output dari program di atasadalah : ___________
Jawab : Aku
0 Response to "Uji, Kompetensi, Alpro"
Post a Comment